Jumat, 05 Juni 2009

Latihan Ulang Kader (LUK)

Kader kesehatan merupakan mitra kerja terdekat Puskesmas Neglasari, melalui kader kesehatan inilah banyak program kesehatan puskesmas yang bisa di sosialisasikan secara cepat dengan harapan bisa langsung segera disampaikan kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal mereka. Salah satu tugas mereka adalah sebagai pengelola Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu), yang biasanya dibentuk di tiap RW dekat rumah tempat tinggal mereka. Posyandu dibuka sebulan sekali dengan tujuan agar masyarakat lebih mudah memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak balita diwilayah tersebut, karena usia balita merupakan masa emas (golden period).
Kegiatan di Posyandu dikenal dengan sebutan kegiatan 5 meja yaitu Pendaftaran, Penimbangan, Pencatatan, Penyuluhan, Imunisasi yang dilakukan oleh petugas medis dari puskesmas. Untuk kelancaran dan menambah ketrampilan kader Posyandu maka setiap tahunnya Puskesmas Neglasari mengadakan Latihan Ulang Kader (LUK).
Pada tanggal 26 dan 28 Mei 2009 lalu, LUK diselenggarakan di Puskesmas Neglasari. Sejumlah 80 orang kader dari 4 kelurahan hadir pada kegiatan LUK yang dibagi kedalam 2 hari pelatihan. Mereka mengikuti pelatihan tersebut dengan tekun walaupun, keterbatasan ruang di Puskesmas yang tidak memungkinkan untuk mengadakan di dalam aula Puskesmas, diadakan di halaman Puskesmas yang hanya beratapkan "awning"
Satu persatu mereka menyimak Petugas Kesehatan dari Puskesmas dan dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang yang mengajarkan cara penimbangan balita yang baik dan benar, pengisian buku KMS serta pencatatan pelaporan yang merupakan tugas mereka di Posyandu. Pertanyaan demi pertanyaan diajukan diiringi celoteh canda ria khas Ibu kader posyandu mewarnai suasana pelatihan ini. Tak dirasakannya udara panas , patut diacungi jempol semangat dan peran mereka dalam turut serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah tempat tinggal mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar